Blogroll

INI HANYA SUARA ORANG-ORANG KECIL SEPERTI KAMI

Sabtu, 10 Maret 2012

Mengenal Legenda Sepak Bola : Paolo Maldini




Paolo Maldini
Pribadi :
Lahir di Milan, Italia, 26 Juni 1968. tinggi 188 cm. merupakan dari keluarga pesepak bola. Ayahnya, Cesare, merupakan kapten AC Milan pada tahun 1960-an yang turut menjuarai Piala Champions pada tahun 1963. Generasi ketiga Maldini yang merupakan putra pertama Paolo dengan model asal Venezuela Adriana Fossa, Christian Maldini, saat ini juga masuk ke dalam klub AC Milan untuk kategori tim muda.


Karer  :
Dia hanya bermain di klub AC Milan, pada posisi sebagai bek kiri dan bek tengah dan merupakan legenda sepak bola Italia yang sangat disegani.
Debut Maldini di Seri A terjadi pada tahun 1985 melawan Udinese, saat berusia 16 tahun dan akhirnya pensiun di AC Milan pada akhir musim 2008-09. Untuk dedikasi terhadap klubnya, AC Milan, seragam bernomor 3 akan turut dipensiunkan sampai putranya, Christian, masuk ke skuad utama AC Milan.

Prestasi :
Bersama Milan  7 gelar Seri A dan 4 gelar Liga Champions. dengan keberhasilan Maldini meraih Ballon d'Or versi majalah France Football pada tahun 1994.
Maldini juga dikenal akan kepemimpinannya yang berpengaruh, temperamennya yang tenang dan pertahanannya yang tanpa cela.
Bersama Timnas Italia

Merupakan pemain dengan rekor penampilan terbanyak dalam tim nasional Italia meski belum pernah meraih gelar pada tingkat internasional. Maldini berpartisipasi di empat Piala Dunia, dan turut serta dalam final Piala Dunia 1994. Dia pensiun dari timnas setelah Piala Dunia 2002 dengan jumlah penampilan 126 kali dan mencetak 7 gol. Selain itu, Paolo Maldini juga 3 kali masuk ke dalam skuad Italia di Piala Eropa, yaitu di tahun 1988, 1996 dan 2000. Pada Piala Eropa 2000 Maldini menjadi kapten dari tim nasional Italia yang kalah dramatis dari Perancis di final.

 Pada 31 Mei 2009 menjadi lembaran akhir Maldini berkaos AC Milan. Ia resmi gantung sepatu di laga terakhirnya AC Milan versus Fiorentina di kandang Fiorentina. Pertandingan itu dimenangkan AC Milan dengan skor 2-0.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar